Google Search Engine

4.13.2011

Resensi Buku: Wajah DPR dan DPD 2009-2014

Judul: Wajah DPR dan DPD 2009-2014
Penulis: Litbang Harian Kompas
Penerbit: Penerbit Buku Kompas (PBK)
Terbit: 22 Februari 2010
Tebal: 776 Hal


Buku ini berisikan profil anggota DPR dan DPD hasil pemilihan umum 9 April 2009. Sebanyak 560 anggota DPR berhasil dipilih dari 11.219 calon legislatif (caleg) dan 132 anggota DPD dipilih dari 1.116 caleg.

Dibandingkan wakil rakyat periode-periode sebelumnya, wakil rakyat kali ini lebih berwarna, karena cukup banyak selebritas, keluarga pejabat dan mantan pejabat yang terpilih.

Dari kalangan selebritas, ada beberapa nama kondang seperti Nurul Arifin (Golkar), Eko Patrio (PAN), Ruhut Sitompul (Demokrat), Venna Melinda (Demokrat), Rachel Maryam Sayidina (Gerindra), Dedi Miing Gumelar (PDI Perjuangan), dan Okky Asokawati (PPP) .

Keluarga pejabat yang jadi wakil rakyat juga tidak sedikit. Antara lain Edhie Baskoro (putra SBY), Hikmat Tomet (suami gubernur Banten), Andika Hazrumy (putra gubernur Banten), Aida Zulaika Nasution Ismeth (istri gubernur Kepulauan Riau), dan Hana Hasanah (istri Menteri Kelautan dan Perikanan).

Sementara mantan menteri yang menjadi wakil rakyat adalah Siswono Yudo Husodo, Hayono Isman, Manuel Kaisiepo, Muhammad Prakosa, dan Taufiq Effendi.

Ada juga beberapa orang mantan menteri yang terpilih jadi anggota DPR, namun kursinya ditinggalkan karena mereka terpilih kembali sebagai menteri. Masuk kategori ini Jero Wacik, Suryadharma Ali, dan Lukman Edy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar